Sabtu, 05 Mei 2018

Pemrograman Multimedia dengan ActionScript 3.0 oleh Ariesto Hadi Sutopo ISBN:9786026510716


Tersedia di Play Store, Google Play, dan Google Book.

Adobe Flash adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan animasi dengan
standar profesional yang digunakan pada web, dilengkapi bahasa pemrograman
ActionScript. ActionScript dapat digunakan untuk platform yang berbeda-beda,
seperti Flash Player, Flash Lite, dan Adobe AIR.

Siapa yang Memerlukan Buku Ini?
Buku ini merupakan panduan bagi yang ingin meningkatkan diri di bidang
pemrograman ActionScript khususnya, dan multimedia pada umumnya. Dengan
menguasai materi ini diharapkan Anda sudah dapat menyelesaikan pekerjaanpekerjaan
yang berkaitan dengan multimedia interaktif.

Apakah Isi Buku Ini?
Buku ini merupakan panduan pemrograman ActionScript untuk membuat
animasi interaktif khususnya, serta multimedia dan grafik komputer pada umumnya.
Contoh-contoh dalam buku ini disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami.

Sistematika Penulisan Buku
Pembahasan dalam buku terdiri dari delapan bab dengan urutan yang diatur
sistematis untuk mempermudah Anda mempelajarinya.

Bab 1. ActionScript. Bab ini membahas dasar pemrograman ActionScript yang
bermanfaat dalam pembuatan multimedia interaktif.

Bab 2. Variabel dan Properti. Bab ini menjelaskan variabel dan properti yang
merupakan dasar dari aplikasi Flash. Keberadaan suatu instance suatu
objek tergantung referensi dari variabel yang ada di dalamnya.

Bab 3. Kelas dan Metode. Bab ini memperkenalkan pengetahuan yang sangat
penting pada pemrosesan menggunakan pemrograman berorientasi
objek seperti ActionScript, yaitu kelas dan metode.

Bab 4. Display. Bab ini membahas bagaimana fungsionalitas ActionScript dapat
menyajikan gambar dan informasi. ActionScript menunjang Flash untuk
melakukan render pada objek visual.

Bab 5. Event Driven dan Timeline Driven. Bab ini menjelaskan komunikasi
dalam ActionScript yang sepenuhnya menggunakan event driven.
Aplikasi timeline driven mengunakan kombinasi fungsionalitas berbasis
timeline dan kontrol ActionScript.

Bab 6. Teks dan Tanggal. Dalam bab ini dibahas Kelas String dalam ActionScript
yang digunakan untuk menampilkan dan menginterpretasikan teks
sebagai nilai literal.

Bab 7. Operasi Matematika dan Logika. Dalam bab ini dibahas operasi
matematika dan logika yang digunakan untuk melakukan perhitungan
dalam suatu aplikasi, layout display dinamis, sehingga membuat aplikasi
menjadi interaktif.

Bab 8. Visualisasi. Bab ini membahas beberapa macam visualisasi yang memberikan
kemudahan pengertian suatu topik tertentu, dengan melibatkan
operasi matematika dan logika.

Untuk dapat memahami isi buku dan mencoba pemrogramannya, seperti
panduan yang diberikan dalam buku, diperlukan komputer Pentium Core I5 dengan
RAM 4 GB, dan perlu diinstal Adobe Flash.